Rabu, 21 Desember 2011

Apa sih Pentingnya Ilmu Pengetahuan itu ???

Siswa SMPN 1 Kuta Utara
Bagus Putu Rama Kusuma (PuTu RaMa Cfc),
         Berikut ini merupakan bentuk penilaian saya tentang ilmu pengetahuan yang sudah jarang sekali atau bisa dikatakan terbengkalai dikalangan anak muda zaman sekarang.
         Ilmu pengetahuan secara definisi mengandung makna bahwa bekal, pengajaran, dan atau suatu hal yang mempelajari suatu hal atau bidang yang mendasar yang disusun secara bersistem dan menurut metode tertentu yang dapat digunakan dalam menjelaskan gejala-gejala tertentu. Adapun beberapa pendapat dan definisi dari para ahli antara lain :
         Mohamad Hatta     => ilmu pengetahuan adalah suatu bentuk pengajaran yang mengatur tentang pekerjaan hukum dalam suatu golongan masalah yang sama habitatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, dan menurut bangunannya dari dalam.
         Karl Pearson         => ilmu pengetahuan adalah gambaran atau keterangan yang komprehensif dan konsisten tentang fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana.
         Ashley Montagu    => ilmu pengetahuan adalah suatu pengajaran yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menentukan hakikat prinsip tentang hal yang sedang dikaji.

         Harsojo                 => ilmu pengetahuan adalah akumulasi pengetahuan yang disistematiskan dan suatu pendekatan atau metode pendekatan terhadap seluruh dunia empiris yaitu dunia yang terikat oleh faktor ruang dan waktu, dunia yang pada prinsipnya dapat diamati oleh panca indera manusia.
         Ralph Rose           => ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang empiris, rasional, umum dan sistematik dan keempatnya serentak.
         Afanasyef             => ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang mengenai manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran, ia mencerminkan alam dan konsep-konsep, kategori dan hukum-hukum, yang ketetapannya dan kebenaranya diuji dengan pengalaman praktis.
Berdasarkan definisi di atas terlihat jelas ada hal prinsip yang berbeda antara ilmu dengan pengetahuan. Pengetahuan adalah keseluruhan pengetahuan yang belum tersusun, baik mengenai matafisik maupun fisik. Dapat juga dikatakan pengetahuan adalah informasi yang berupa common sense,  tanpa memiliki metode, dan mekanisme tertentu. Pengetahuan berakar pada adat dan tradisi yang menjadi kebiasaan dan pengulangan-pengulangan. Dalam hal ini landasan pengetahuan kurang kuat cenderung kabur dan samar-samar. Pengetahuan tidak teruji karena kesimpulan ditarik berdasarkan asumsi yang tidak teruji lebih dahulu.  Pencarian pengetahuan lebih cendrung trial and error dan berdasarkan pengalaman belaka (Supriyanto, 2003).
Pembuktian kebenaran pengetahuan berdasarkan penalaran akal atau rasional atau menggunakan logika deduktif. Premis dan proposisi sebelumnya menjadi acuan berpikir rasionalisme. Kelemahan logika deduktif ini sering pengetahuan yang diperoleh tidak sesuai dengan fakta.  
Secara lebih jelas ilmu seperti sapu lidi, yakni sebagian lidi yang sudah diraut dan dipotong ujung dan pangkalnya kemudian diikat, sehingga menjadi sapu lidi. Sedangkan pengetahuan adalah lidi-lidi yang masih berserakan di pohon kelapa, di pasar, dan tempat lainnya yang belum tersusun dengan baik.
            Nah, sesungguhnya jika kita lihat baik-baik,perkembangan ilmu pengetahuan dikalangan masyarakat sama seperti fenomena gunung es. Hanya 10% dari permukaan gunung es yang terlihat sedangkan 90% nya masih tidak terlihat, sama seperti ilmu pengetahuan yang terdapat di dunia ini, hanya 10% dari ilmu pengetahuan yang tampak dari luar yang sekarang sedang dimanfaatkan oleh manusia, namun ada 90% dari ilmu pengetahuan yang tersembunyi dari dunia ini yang siap untuk dimanfaatkan oleh kita manusia. Jadi, marilah KITA sebagai PENERUS BANGSA untuk terus menuntut ilmu sebaik mungkin, mungkin bahkan bisa menemukan ilmu pengetahuan yang baru yang layak untuk dikembangkan dan di manfaatkan sebaik mungkin agar dapat membanggakan ORANG TUA kita dan mencipatakan dunia yang cemerlang.

PENUTUP
             Semoga apa yang saya sampaikan kali ini dapat menjadi pedoman dan nasihat yang berarti buat temen-temen yang mengunjungi blog saya.
                                                         ~SEKIAN DAN TERIMA KASIH~
Sumber : http://m-wali.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-readmore-otomatis-pada.html#ixzz1kwxcqL3L

3 komentar:

  1. bwt tmen2 yg bca entri ini, ak mw ngsi tw knp d bbrapa paragraf ad bntuk tulisan atau huruf yg berbeda, nah pada bntuk pnulisan yang prtama(yg paling laen dri yg laen) itu hnya membhas ttg pngertian ILMU PENGETAHUAN yg mnyangkut pndapat dari para ahli,
    bntuk pnulisan yg kdua(yg brcetak tipis) itu merupakan ksimpulan dari pndpat bbrapa para ahli,
    bntuk pnulisan yg ketiga(yg hruf'a kecil n agak tebal) itu membahas tentang fakta dan makna(bagian penutup) dari pnilaian sy trhadap ILMU PENGETAHUAN...

    BalasHapus